Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

iklan atas

CAPAIAN PEMBELAJARAN TEKNIK MEKATRONIKA Fase F Kelas XI dan XII SMK

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN TEKNIK MEKATRONIKA Fase F Kelas XI dan XII SMK

mekaelektronika Mata Pelajaran Teknik Mekatronika adalah mata pelajaran yang membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi penguasaan keahlian Teknik Mekatronika, yaitu melaksanakan tugas spesifik berkaitan dengan bidang mekanikal, bidang elektrikal serta pemrograman utamanya untuk keperluan industri manufaktur dan rekayasa. Mata pelajaran ini merupakan tingkat lanjut bagi peserta didik dalam memahami isu-isu penting terkait dengan teknologi manufaktur dan rekayasa serta memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan program keahlian Teknik Elektronika yang lebih khusus dan terarah sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mata pelajaran ini membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang teknik Mekatronika dengan kemungkinan jabatan yang diemban sebagai operator atau teknisi pada tingkat menengah dan lanjut untuk pengoperasian, perawatan dan perbaikan peralatan/mesin-mesin khususnya pada industri manufaktur dan rekayasa, atau jabatan lain yang masih relevan. Mata pelajaran ini berkontribusi dalam meningkatkan lebih lanjut kemampuan logika dan teknologi digital (computational thinking), yaitu suatu cara berpikir yang memungkinkan untuk menguraikan suatu masalah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan sederhana, menemukan pola masalah, serta menyusun langkah-langkah solusi mengatasi masalah.
Penyampaian mata pelajaran ini dapat dilakukan menggunakan pendekatan Pembelajaran Berbasis Projek (Project-based Learning) yang dalam pelaksanaannya memungkinkan untuk secara kolaboratif dengan mata pelajaran atau program keahlian lainnya, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara kohesif, secara penilaian dapat menjadi kompak (compact) terintegrasi, menarik, dan menyenangkan yang selain menguatkan sisi skill juga akan berdampak pada terbangunya soft skill selama pelaksanaan pembelajaran, atau Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning), atau Inquiry Learning serta metode inovatif lainya yang sesuai dengan karakteristik materi dan tujuan pembelajaran. Penilaian meliputi aspek pengetahuan, aspek sikap, serta aspek keterampilan. Pembelajaran mata pelajaran ini dapat dilakukan secara sistem blok disesuaikan dengan karakteristik elemen materi yang dipelajari.
Penguasaan kemampuan teknik Mekatronika akan membiasakan peserta didik bernalar kritis dalam menghadapi permasalahan, bekerja mandiri, gotong royong (kerja tim), kreatif, dan inovatif dalam menemukan solusi permasalahan kehidupan.


Tujuan Mata pelajaran ini bertujuan membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (soft skills dan hard skills) sebagai berikut:

1. memahami konsep sistem kontrol, rangkaian kontrol elektronika dan instalasi sistem kontrol motor listrik;

2. memahami Sistem mekatronika berbasis Computer-Aided Engineering (CAE);

3. memahami Sistem Robotic;

4. memahami Perawatan dan Perbaikan Sistem Mekanikal; dan

5. memahami Perawatan dan Perbaikan Sistem Elektrikal.


Karakteristik Mata pelajaran ini fokus pada kompetensi lanjutan dari mata pelajaran dasar-dasar teknik elektronika yaitu untuk pengoperasian, perawatan dan perbaikan bidang mekanikal, elektrikal serta pemrograman sesuai dengan kebutuhan industri manufaktur dan rekayasa, meliputi didalamnya Teknik Kontrol Mekatronika, Sistem mekatronika berbasis Computer-Aided Engineering (CAE), dan Sistem Robotic. Mata pelajaran ini membekali peserta didik untuk bekerja, berwirausaha, dan melanjutkan studi tentang Teknik Mekatronika. Mata pelajaran ini memiliki elemen-elemen sebagai berikut:

Elemen

Deskripsi

Teknik Kontrol Mekatronika

Meliputi: rangkaian komponen/peralatan sistem kontrol mekatronika; instalasi rangkaian kontrol motor listrik; pembuatan program PLC/Mikrokontroler berdasarkan mekanisme proses peralatan/mesin; membuat program Human Machine Interface (HMI); interkoneksi antar PLC/Mikrokontroler sebagai sebuah jaringan komunikasi data.

Sistem mekatronika berbasis ComputerAided Engineering (CAE)

Meliputi: pengoperasian mesin perkakas konvensional; pembuatan gambar rangkaian kontrol dan desain mekanik menggunakan Computer Aided Design (CAD) dalam menerapkan sistem mekatronika; pengoperasian mesin CNC.

Sistem Robotic

Meliputi: instalasi dan pengoperasian peralatan pneumatik serta hidrolik; pengoperasian sistem robotic (Sorting/ distributing/ handling/ Processing/ mobile); dismantling and assembling sistem robotic.

Perawatan dan Perbaikan sistem mekanikal

Meliputi: pembersihan dan pelumasan peralatan mekanik; pemeriksaan peralatan pneumatik, hidrolik, peralatan pompa, peralatan transmisi gerak; serta instalasi peralatan pompa dan peralatan transmisi gerak.

Perawatan dan Perbaikan sistem elektrikal

Meliputi: pembersihan elektronik mesin dan peralatan; pemeriksaan elektronik mesin dan peralatan; adjustment (penyetelan) parameter pada peralatan elektronika/listrik; penggantian komponen/elemen/modul elektronik mesin dan peralatan; serta pemeliharaan sensor.

 


Capaian Pembelajaran Pada akhir fase F, peserta didik mampu menerapkan Teknik Kontrol Mekatronika, Sistem mekatronika berbasis Computer- Aided Engineering (CAE), Sistem Robotic, Perawatan dan Perbaikan Sistem Mekanikal, serta Perawatan dan Perbaikan Sistem Elektrikal.

Elemen

Capaian Pembelajaran

Teknik Kontrol Mekatronika

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami rangkaian komponen/peralatan sistem kontrol mekatronika; melakukan instalasi rangkaian kontrol motor listrik; membuat program PLC/Mikrokontroler berdasarkan mekanisme proses peralatan/mesin; membuat program Human Machine Interface (HMI); membangun interkoneksi antar PLC/Mikrokontroler sebagai sebuah jaringan komunikasi data.

Sistem mekatronika berbasis ComputerAided Engineering (CAE)

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami pengoperasian mesin perkakas konvensional; menggambar rangkaian kontrol dan desain mekanik menggunakan Computer Aided Design (CAD) dalam menerapkan sistem mekatronika; mengoperasikan mesin CNC.

Sistem Robotic

Pada akhir fase F, peserta didik mampu melakukan instalasi dan mengoperasikan peralatan pneumatik serta hidrolik; mengoperasikan sistem robotic (Sorting/ distributing/ handling/ Processing/ mobile); melakukan dismantling and assembling sistem robotic.

Perawatan dan Perbaikan sistem mekanikal

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami pembersihan dan pelumasan peralatan mekanik; melakukan pemeriksaan peralatan pneumatik, hidrolik, peralatan pompa, peralatan transmisi gerak; serta melakukan instalasi peralatan pompa dan peralatan transmisi gerak.

Perawatan dan Perbaikan sistem elektrikal

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami pembersihan elektronik mesin dan peralatan; Melakukan pemeriksaan elektronik mesin dan peralatan; Melakukan adjustment (penyetelan) parameter pada peralatan elektronika/listrik; Melakukan penggantian komponen/elemen/modul elektronik mesin dan peralatan; serta memelihara sensor.